Seperti disadari oleh semua wanita, apabila memasuki fase kehamilan, proses kegemukan pada tubuhnya akan menjadi momok yang menakutkan, wanita akan kehilangan kecantikan tubuhnya pada masa itu. Proses kegemukan rawan terjadi pada trimester kedua. Karena pada trimester kedua biasanya gejala mual-mual sudah hampir tidak terjadi, sehingga nafsu makan ibu hamil umumnya sudah pulih kembali.

Dengan demikian makanan terasa enak dan merangsang wanita hamil untuk makan banyak, bahkan tak jarang ibu hamil jadi makan berlebihan dengan alasan makan untuk berdua (janin). Bila anda berpegang pada konsep seperti ini, anda keliru. Apalagi bila anda mengabaikan komposisi makanan (tidak sesuai kebutuhan), maka berat badan anda akan naik secara berlebihan.

MENGAPA SELAMA HAMIL IBU PERLU BERTAMBAH BERAT BADANNNYA?


Karena wanita hamil membawa si calon bayi dalam tubuhnya, dan juga ini penting untuk proses mulai menyusui nantinya. Jadi bagi ibu hamil tidak perlu kuatir akan bertambahnya berat badan dan menjadi besar, dan sebaiknya anda mulai untuk berfikir untuk melakukan apa yang terbaik dan sehat bagi anda dan juga bayi dalam kandungan anda.

Nutrisi untuk berdua?

Mulai awal kehamilan, wanita hamil memang membutuhkan kalori ekstra untuk menunjang perkembangan janin, namun kalori ekstra yang dimaksud disini bukan berarti makan untuk berdua (untuk anda sendiri dan untuk janin), sehingga anda makan dua kali lipat dari biasanya. Yang benar adalah anda dianjurkan untuk memperbaiki nutrisi makanan yang dikonsumsi, sebab sehat atau tidaknya anda berdua tergantung pada makanan yang anda makan, jadi jangan menambah jumlahnya berlebihan, namun tingkatkan mutunya.

Menghindari Diet saat Hamil

Berat badan memang sering jadi masalah besar wanita hamil, beberapa wanita hamil yang terlalu mencemaskan kenaikan berat badanya memilih berdiet ketat. Padahal penelitian menunjukkan wanita hamil yang berdiet ketat cenderung memiliki bayi dengan berat badan lahir rendah. Selain itu anda bisa mengalami pendarahan, dan bisa saja mengalami persalinan yang lebih lama dan sulit.

Batas wajar kenaikan berat badan saat hamil

Anda tidak perlu mengkhawatirkan kenaikan berat badan asal dalam batas normal. Jika anda memiliki berat badan yang kurang sebelum kehamilan terjadi maka dinjurkan kenaikan berat badan anda antara 14-20 kg; Jika berat badan anda berada pada berat badan normal pada sebelum kehamilan, dianjurkan kenaikan berat badan anda antara 12.5-17.5 kg; Dan jika berat badan anda sudah berlebih sebelum kehamilan maka kenaikan berat badan antara 7.5-12.5kg.

 

About these ads