Tentu batuk bukanlah penyakit yang menakutan, akan tetapi bagi wanita yang sedang hamil batu merupakan hal yang serius arena ketika batuk, perut akan bergerak naik turun, bayi akan turut merasakan batuk. Tapi tak perlu khawatir, bayi tidak akan terpengaruh secara fisik. Anda cukup memegang perut bagian bawah agar perut anda tidak tegang.

Yang cukup berbahaya adalah jika batuk sampai menyebabkan lendir sehingga sulit bernafas. Ini penting diwaspadai, mungkin anda mengalami infeksi dada. Infeksi dada ini bisa mempengaruhi bayi yang sedang dikandung.

Pada dasarnya tidak ada cara untuk mencegah batuk menyerang wanita hamil. Rajin mencuci tangan secara teratur dengan sabun dan air panas, bisa meminimalisir resiko batuk. Wanita hamil harus hidup dengan pola makan yang  sehat dan memiliki jam tidur malam secukupnya.

Jika sudah terlanjur batuk, untuk meredakannya, bisa membuat secangkir madu yang dicampur jeruk nipis. Madu bisa menenangkan tenggoraokan yang gatal. Ramuan ini baik diminum saat panas.  Agar lebih yakin, segera temui dokter. Minta agardiberi sirup obat batuk yang terbuat dari gliserin dan sedikit gula. Obat ini bisa menghentikan batuk yang cukup parah.

728x90

About these ads