Fisioterapi merupakan pengobatan alternatif yang banyak digunakan sebagai metode penyembuhan penyakit yang bersifat kategori syaraf motorik atau psichologist. Ketika kita berbicara tentang fisioterapi sebagai pengobatan untuk anak-anak menderita sindrom Down harus diingat bahwa sindrom Down adalah suatu kondisi yang tidak pernah dapat benar-benar diperlakukan.

Fisioterapi yang digunakan tidak begitu banyak untuk mengobati sindrom untuk mengurangi komplikasi khas anak-anak yang terserang sindrom Down. Perlakuan pada tahap awal seorang anak dengan sindrom Down berkonsentrasi pada empat menangani masalah umum dalam fase ini. Yang pertama di antara ini adalah hypotonia. Anak-anak dengan sindrom Down tidak memiliki otot yang berarti otot-otot mereka yang kendur dan kurangnya kontrol.

Hypotonia membutuhkan perhatian segera karena jika tidak ditangani itu menghambat kemampuan seorang anak untuk mengembangkan keterampilan motorik yang memadai atau keseimbangan. Seorang anak menderita sindrom Down juga memiliki ligamen sangat longgar. Tulang mereka tidak cukup didukung dan sendi mereka tetap terlalu longgar untuk memungkinkan mobilitas normal di tahun-tahun berikutnya.

Tanda-tanda awal ligamen longgar terlihat pada anak-anak dengan kaki terentang sambil berbaring. Fisioterapi dengan latihan yang benar sangat penting untuk memperbaiki kelemahan otot hadir pada anak-anak dengan sindrom Down. Salah perawatan masalah ini mengakibatkan komplikasi lebih lanjut seperti terkunci lutut yang berkembang untuk menebus kurangnya kekuatan di kaki bawah. Reaksi ini sangat berbahaya di masa depan. Seperti anak-anak juga menghadapi masalah dengan bentuk tubuh mereka.

Mereka memiliki anggota badan yang tidak proporsional dibandingkan dengan torsos mereka yang mengakibatkan komplikasi dalam cara duduk atau naik tangga. Sesuatu yang sederhana seperti menjangkau makanan dapat menjadi tugas yang berat bagi anak-anak yang terkena dampak. Fisioterapi membahas masalah-masalah seperti ini dan membantu anak-anak ini pada kemiripan menuju kehidupan normal.

Intervensi  dini sindrom Down fisioterapi untuk berfokus pada kelemahan meluruskan isu-isu dan pengajaran keterampilan motorik umum untuk anak-anak. Bertindak seperti berguling merangkak duduk dan berjalan semua keterampilan motorik anak-anak akhirnya harus belajar. Dengan bantuan seorang fisioterapis keahlian ini diajarkan sedemikian rupa sehingga anak-anak memiliki fondasi yang kuat yang akan menjadi dasar keterampilan motorik lainnya. Dalam perawatan anak-anak yang mengidap sindrom Down rintangan utama adalah mendidik orang tua tentang apa aspek pertumbuhan anak mereka harus dibawa ke perhatian seorang dokter dan kemudian seorang fisioterapi.

Orangtua sering tidak tahu apa yang benar-benar memerlukan perhatian dari seorang terapis karena ada beberapa hal dalam anak mereka yang tidak seperti anak-anak lain. Sebagai contoh jika seorang anak dengan sindrom Down tidak mampu menahan lehernya tegak sangat penting bahwa dokter segera diinformasikan sehingga fisioterapi dapat memperlakukan anak dan membantu dia untuk memperkuat otot-otot di lehernya. Fisioterapi sekali dimulai idealnya harus seumur hidup rutin untuk anak yang menderita sindrom Down karena akan membantu mereka menjaga kebugaran dan kesehatan.

Orang yang menderita sindrom Down hidup selama orang lain dan mungkin tidak  dilengkapi dengan baik untuk menangani masalah yang berkaitan dengan usia seperti melemahnya tulang sendi atau otot. Fisioterapi membantu seseorang hidup dengan Down untuk hidup sehat. Fisioterapi untuk anak-anak ini tidak diberikan batas waktunya sampai masalah-masalah penting sering keluar dari tangan. Hasil kelemahan permanen mengarah pada perilaku aneh dan penodaan yang bisa dihindari dengan sedikit lebih peduli. Sindrom Down fisioterapi harus dimulai sesegera mungkin sehingga anak dapat mengarah yang lebih baik hidup sehat.