Sejumlah kajian – kajian penelitian selama bertahun-tahun telaha menunjukkan bahwa menyusui adalah yang terbaik. Berikut ini hanya segelintir dari begitu banyak manfaat kesehatan yang dapat dinikmati oleh para ibu dan bayi menyusui.


1. PENGLIHATAN LEBIH BAIK. Kajian-kajian menunjukkan bahwa ketajaman visual bayi yang disusui lebih baik karena didalam ASI terkandung “lemak pintar”. ASI mengandung jenis lemak yang diperlukan untuk membentuk jaringan saraf di mata dan di otak yang lebih baik.
2. PENDENGARAN SEMPURNA. Bayi yang mengonsumsi susu formula lebih banyak menderita infeksi telinga tengah, dan hal inidapat mengakibatkan timbulnya masalah pendengaran. Bahkan gangguan pendengaran sementara pun dapat mengganggu perkembangan bahasa seorang anak.
3. SENYUM LEBIH BAIK. Karena menyusui memperbaiki penjajaran rahang dan perkembangan otot-otot wajah, anak-anak yang disusui mempunyai lebih sedikit masalah ortodonsi

4. PERNAFASAN SEMPURNA. Bayi yang disusui memiliki masalah-masalah infeksi saluran pernafasan atas, asma dan alergi-alergi nasal (yang berkaitan dengan hidung) yang lebih sedikit dan lebih ringan.

5. MUDAH DICERNA BAYI. Karena ASI dirancang khusus untuk bayi manusia, ASI lebih mudah dicerna daripada susu formula. ASI lebih cepat dicerna dalam perut manusia, yang membuat bayi yang disusui akan lebih jarang mendapat masalah dengan gastroesophagael reflux (GER), mengalirnya secara berulang-ulang cairan-cairan perut ke esophagus bagian bawah. GER adalah suatu hal yang biasanya, meskipun tersembunyi menyebabkan mendapatkan kolik dan terbangun di malam hari dengan kesakitan.

6. PELINDUNG USUS. ASI mengandung substansi-substansi yang bertindak seperti cat pelindung, melapisi alat pencernaan makanan untuk mencegah masuknya bakteri ke dalam aliran darah. Lingkungan yang lebih ramah ini berarti bayi yang disusui mempunyai lebih sedikit masalah dengan gejala infeksi usus dan diare. Bayi yang disusui juga jarang mengidap alergi makanan, karena mereka terlindung dari kontak dengan protein-protein luar yang menyebabkan timbulnya lapisan usus.

7. KULIT BAYI LEBIH SEHAT . Mereka jarang merasakan alergi, kulit kasar, kulit kering, bercak-bercak seperti ampelas sebagaimana yang ditemukan pada sejumlah bayi pengonsumsi susu formula.

8. TERHINDAR DARI OBESITAS Menyusui mengajarkan tentang pola makan sehat sejak awal. Bayi belajar untuk menyesuaikan jumlah makanan yang mereka makan dengan selera makan mereka, tanpa perlu ada yang memerintahkan mereka untuk menghabiskan 100 ml terakhir. Para bayi yang disusui cenderung tanpa lemak (hanya mempunyai jumlah lemak yang sesuai untuk berat badan mereka) daripada teman-teman mereka yang meminum susu formula.

9. PROTEKSI PADA BAYI. Terdapat keterkaitan antara menyusui dengan kemunculan yang lebih rendah dari hampir setiap jenis penyakit menular, termasuk meningitis bacterial, infeksi saluran kencing, dan keracunan makanan yang terjadi pada bayi.

10. IBU MENJADI SEHAT. Setidaknya satu kajian telah memperlihatkan bahwa tingkat depresi pasca melahirkan para ibu menyusui tampak lebih rendah. Kajian lain juga menunjukkan bahwa menyusui mengurangi resiko timbulnya kanker payudara, kanker rahim dan kanker ovarium. Banyak juga wanita yang merasakan bahwa menyusui membantu mereka mengurangi berat badan pasca melahirkan.

ID_MAINANBAYI_GENERAL_SET11_468x60_22072014