Banyak dari kalangan wanita yang saat hamil begitu menggebu-gebu menanti lahirnya sang buah hati tapi begitu bayinya lahir semua kebahagian yang ditunggu-tunggu berganti dengan rasa letih, stress rasanya ingin kembali seperti saat belum punya bayi.

Saya tidak akan berkata bahwa hal itu tidak benar akan tetapi perlu dicermati oleh para wanita sebagai kodrat alaminya sebagai ibu.

Mengurus bayi memang sangat melelahkan apalagi saya harus merawat bayi saya sendirian, kadang jadi lupa mandi, lupa makan, rumah berantakan, tidak bisa jalan-jalan. Rasanya saya terbenam kedalam rutinitas bersama bayi saya. Kalau sudah begini rasa bahagia karena punya bayi jadi berkurang.

Namun untung saya segera sadari hal itu, merawat bayi bukanlah hal yang harus dijadikan beban tapi harus dinikmati detik tiap detiknya karena makhluk mungil itu tidak akan selamanya seperti itu. Semakin hari dia akan terus tumbuh dan berkembang dan suatu hari akan jadi mandiri dan sibuk dengan dunianya. Saat dia baru lahir jelaslah dia sangat membutuhkan sosok orangtua terutama ibu untuk memenuhi kebutuhannya. Yang bisa anda lakukan adalah bagaimana mengatur kembali waktu anda.

Yang dibutuhkan seorang bayi adalah sepasang orangtua yang bahagia. Jadi jika anda terlihat stress, letih dll, bayi anda juga tidak akan bahagia.

Saya punya beberapa tips yang saya lakukan untuk membuat kegiatan merawat bayi menjadi fun :

  1. BERJALAN-JALAN. Luangkanlah waktu anda  setidaknya sekali seminggu untuk berjalan-jalan misalnya pergi ke mal atau ke tempat-tempat yang anda sukai.
  2. MANDI. Yang saya maksud disini bukanlah sekedar mandi namun mandi yang spesial. Mandilah secara perlahan, nikmati waktu mandi anda, lakukan yang anda sukai misalkan bernyanyi, menyikat tubuh, menggunakan scrub badan dll. Hal ini sangat membantu menenangkan anda.
  3. KUNJUNGI TEMAN. Kunjungilah teman yang juga punya bayi supaya anda bisa berbagi, kalau tidak ada, anda bisa kunjungi teman yang biasanya berpikiran positif.
  4. SALON KECANTIKAN. Manjakan diri anda dengan potongan rambut baru atau nikmati kegiatan creambath, luluran, lakukan kegiatan yang mungkin tidak bisa anda lakukan dirumah.
  5. ISTIRAHAT. Saat anda memperoleh waktu senggang saat beristirahat, jangan selalu merasa berkewajiban  keluar rumah. Terkadang yang anda butuhkan hanya dengan menutup pintu kamar tidur dan rileks disana melakukan yang anda inginkan.
  6. LUPAKAN PERFEKSIONISME. Ketika sesuatu tidak berjalan sesuai keinginan anda padahal anda sudah berusaha semampunya, ingatlah bahwa tidak ada yang sempurna.

Anda tidak perlu merasa bersalah jika melakukan apa yang saya sebutkan diatas, anda layak dan harus meluangkan waktu untuk beristirahat sejenak dari kegiatan merawat bayi. Ingatlah bahwa yang dibutuhkan bayi anda adalah orangtua yang bahagia.