Anda sebagai wanita yang sedang memasuki masa hamil mungkin merasa heran di saat kehamilan anda memasuki trimester kedua dan ketiga, karena anda punya hobi baru. Ya, anda jadi suka mengemil dan selalu mencari sesuatu untuk dimakan.

Tetapi jangan keburu panik ya karena ini adalah hal yang wajar-wajar saja terjadi. Mengatasinya mudah kok, asal tahu caranya.

Berikut tips mengemil yang sehat saat hamil (cara menyiasati mengemil):

1. Bagi anda yang bekerja diluar rumah, sebaiknya membuat sendiri camilan sehat untuk dibawa ke kantor. Hal ini dapat mengurangi keinginan untuk mengkonsumsi terlalu banyak biscuit manis, kue atau aneka gorengan.

2. Hati-hati dalam mengkosumsi fastfood, karena umumnya makanan jenis ini minim gizi tapi tinggi kalori dan lemak.

3. Hindari berbelanja cemilan atau makanan lain saat perut dalam keadaan lapar. Karena dalam kondisi lapar, anda mudah tergoda untuk membeli makanan lebih dari yang dibutuhkan.

4. Hindari jenis camilan bergula seperti permen, coklat, biskit manis atau biscuit berlapis cream, serta minuman bersoda.

5. Pilihlah kue atau roti yang salah satu bahan campurannya buah-buahan seperti keik pisang, dapat anda konsumsi asal porsinya wajar.

6. Camilan yang tinggi lemak harus dijaga agar dikonsumsi dalam jumlah minimum. Sebaiknya anda mengurangi kentang goreng, pastries, croissants, kerupuk, keripik kentang, es krim dan makanan penutup lain yang berlemak.

7. Pilihlah makanan yang rendah lemak dan kaya vitamin seperti buah segar, jagung kukus, kacang rebus, popcorn, yogurt, keju rendah lemak, susu, serta kroket atau risoles berisi sayuran.

8. Untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan cairan sehari-hari, usahakan untuk selalu menyertakan air atau minuman lain seperti jus atau susu saat mengemil.

Jadi mengemil boleh-boleh saja kok, asal mengemil yang sehat agar berat badan tidak naik terlalu banyak.

ID_Fashion_General_Set1_468x60_19112013