Seperti kita ketahui, setiap memasuki fase kehamilan pasti setiap wanita akan merasakan rasa mual-mual yang dating di pagi hari, yang biasanya disebut morning sickness walaupun ada beberapa yang tidak. Rasa mual ketika baru bangun ini bisa sungguh membuat hari-hari anda di pagi hari menjadi tidak menyenangkan. Namun jangan khawatir, ada cara mengatasinya kok.

Tips mengatasi morning sickness (mual pada pagi hari):

1. Tingkatkan kadar gula darah.
Caranya, sediakan beberapa jenis makanan kecil rendah garam (tidak asin) dekat tempat tidur, lalu maknlah makanan tersebut segera setelah anda terjaga, sebelum bangkit dari tempat tidur.

2. Makan dalam porsi kecil tapi sering.
Perut yang terasa perih karena lapar biasanya menyebabkan muntah. Sebaliknya perut yang terlalu penuh juga menyebabkan timbulnya rasa ingin muntah. Karena itu, aturlah porsi makan anda dalam jumlah kecil, namun sering ( 5-6 kali sehari)

3. Minum lebih banyak.
dehidrasi (tubuh kekurangan cairan) juga menyebabkan rasa ingin muntah. Air putih atau juas buah baik untuk diminum, sedangkan minuman yang mengandung soda seperti cola, sebaiknya dihindari karena dapat menimbulkan gas di dalam perut dan mengganggu pencernaan. Cara lain adalah, perbanyak konsumsi hidangan yang dimasak dengan air banyak, seperti sayur bening bayam atau aneka sayuran berkuah.

4. Jangan minum bersamaan dengan waktu makan.
sebaiknya anda minum lebih banyak di antara dua jadwal makan sebagai ganti minum yang banyak pada waktu makan.

5. Makanlah makanan yang mudah dicerna.
makanan berlemak atau berminyak (sayur bersantan atau daging berlemak) lebih sulit dicerna daripada makanan yang banyak mengandung zat tepung (mie, ubi jalar, kentang, jagung, singkong, nasi, dll)

6. Hindari bau yang kurang sedap.
jika anda tidak tahan terhadap bau-bau tertentu, hindarilah. Misalnya bau bawang atau bau ikan. Mungkin pada waktu belum hamil, bau-bau tersebut tidak jadi masalah.

7. Bangkit dari tempat tidur atau duduk secara perlahan.
perubahan posisi yang cepat dapat menyebabkan pusing atau rasa ingin muntah, jadi bangunlah secara perlahan, ubah posisi secara pelan-pelan.

8. Menyikat gigi.
sehabis muntah sebaiknya anda menyikat gigi, karena mulut yang tidak bersih akan mengundang muntah yang berikutnya.

9. Minum vitamin antimual.
vitamin yang mampu menghilangkan rasa mual adalah vitamin B6, konsultasikan dengan dokter anda mengenai vitamin ini.

Penting sekali untuk tidak melewatkan sarapan, pilihlah sarapan yang gampang dibuat agar tidak banyak menghabiskan waktu seperti roti panggang dengan selai kacang dan segelas segelas susu atau roti sandwich dan jus jeruk.

Tiga bulan pertama kehamilan bisa jadi merupakan saat-saat bagi wanita hamil memasuki masa yang tidak menyenangkan, namun hampir setiap wanita mengalaminya dan sukses melewatinya begitu pula anda.