Bagi kalangan ibu hamil tentunya sangat menginginkan bayi yang ada di dalam kandungannya tumbuh dengan bersih dalam rahim. Sehingga tidak jarang dari sebagian ibu hamil, mencari makanan ibu hamil yang dapat membuat bayi dalam kandungan bersih.

Beberpa penelitian tentang makanan untuk membuat bayi dalam kandungan bersih sudah beberapa kali dilakukan, dari berbagai penelitian tersebut tidak didapat tentang adanya makanan ibu hamil khusus yang dapat membuat bayi dalam kandungan bersih. Akan tetapi dari beberapa penelitian tersebut diketahui adanya beberapa makanan yang dapat membantu agar rahim tetap bersih, dan apabila rahim bersih maka niscaya bayi yang ada dalam kandungan tersebut akan tampak bersih pula. Makanan ibu hamil tersebut diantaranya:

• Kandungan Air kelapa muda

Air kelapa muda yang mengandung zat elektrolit tinggi diyakini mampu membuat rahim bersih dan mampu mencegah terjadinya pengeruhan pada air ketuban. Air kelapa muda juga baik untuk kesehatan ibu hamil.

• Manfaat Kacang hijau

Kacang hijau yang mengandung vitamin dan protein nabati sangat baik untuk kesehatan ibu hamil, selain itu kacang hijau juga mengandung zat yang dapat membantu menjernihkan air ketuban. Jernihnya air ketuban merupakan salah satu faktor bayi dalam kandungan bersih.

Ada juga faktor lain yang dapat membantu bayi dalam kandungan bersih, diantaranya:

• Air putih

Karena air putih merupakan mineral tinggi yang sangat baik untuk tetap terjaganya kebersihan air ketuban dalam rahim.
Dari beberapa wacana di atas dapat diketahui bahwasanya tidak ada makanan khusus yang dapat membuat bayi dalam kandungan bersih, karena faktor utama yang sangat berpengaruh pada bersih atau tidaknya bayi adalah faktor genetik dari orang tua. Makanan yang telah diteliti hanya dapat membantu tetap terjaganya kebersihan rahim, di mana kebersihan rahim juga dapat mempengaruhi kebersihan bayi dalam kandungan.