Kebutuhan makanan bagi wanita hamil lebih banyak daripada kebutuhan untuk wanita tidak hamil, karena wanita yang sedang hamil nutrisinya dibagi 2 dengan si janin, akan tetapi wajib tetap menjaga kadarnya, jangan sampai overweight setelah usai kehamilan.

Beberapa kegunaan makanan tersebut adalah :
-Untuk perumbuhan janin yang ada dalam kandungan.
-Untuk mempertahankan kesehatan dan kekuatan badan wanita sendiri.
-Agar supaya luka-luka persalinan lekas sembuh dalam nifas.
-Guna mengadakan cadangan untuk masa laktasi

Caranya :
1. Wanita harus makan teratur tiga kali sehari.
2. Hidangan harus tersusun dari bahan makanan bergizi yang terdiri : makanan pokok, lauk pauk, sayuran dan buah-buahan dan diusahan minum susu 1 gelas setiap hari.
3. Pergunakan aneka ragam makanan yang ada.
4. Pilihlah, belilah, berbagai macam bahan makanan yang segar.

Berapa banyak makanan yang dibutuhkan :
Bila kondisi badan si wanita tidak terganggu maka jumlah atau besar makanan yang dapat dimakan ialah seperti tercantum pada lampiran. Namun bila terjadi gangguan masa kehamilan maka dapat diatur sebagai berikut :
1. Pada Trisemester I :
Pada umur kehamilan 1-3 bulan kemungkinan terjadi penurunan berat badan. Hal ini disebabkan adanya gangguan pusing, mual bahkan muntah. Untuk itu dianjurkan porsi makanan kecil tetapi sering. Bentuk makanan kering atau tidak berkuah.
2. Pada Trisemester II :
Nafsu makan wanita membaik, makan makanan yang diberikan : 3 x sehari ditambah 1 x makanan selingan. Hidangan lauk pauk hewani seperti : telur, ikan, daging, teri, hati sangat baik dan bermanfaat untuk menghindari kurang darah.
3. Pada Trisemester III :
– Makanan harus disesuaikan dengan keadaan badan wanita.
– Bila wanita hamil mempunyai berat badan kelebihan, maka makanan pokok dan tepung-tepungan dikurangi, dan memperbanyak sayur-sayuran dan buah-buahan segar untuk menghindari sembelit.
4. Bila terjadi keracunan kehamilan/uedem (bengkak-bengkak pada kaki) maka janganlah menambah garam dapur dalam masakan sehari-hari.

Makanan yang Harus Dikonsumsi Oleh Wanita Hamil 

Bagi wanita yang sedang mengandung, sangat perlu memperhatikan makanan yang akan dikonsumsinya. Ingatlah bahwa ada kehidupan lain didalam tubuh anda yang sangat membutuhkan perhatian dari anda. Janin kecil yang sedang tumbuh di rahim  anda akan berkembang sedikit demi sedikit membesar kemudian bertambah besar.Nah, bila anda sangat menginginkan janin anda sehat dan kuat nantinya tentu perlu dilakukan usaha (ikhtiar) kesana dengan mengkonsumsi makanan yang sehat.

Makanan yang ukhti makan sedapat mungkin (diusahakan) harus mengandung kalsium, protein, vitaminC, serat, karbohidrat, vitamin A, asam folik, dan zat besi. Sebaiknya makanlah beberapa makanan ini setiap hari.

Sumber makanan yang kaya akan kalsium seperti:

-Susu rendah lemak (skim milk) usahakan meminum susu rendah lemak ini selain kadar kasliumnya yang agak tinggi, hal itu tidak akan membuat wanita hamil gemuk karena kadar lemaknya yang rendah dibandingkan dengan susu biasa.

-Ikan sardin dan keju baik keju tua maupun muda

sumber makanan diatas akan membantu pertumbuhan tulang dan gigi janin, dan wanita hamil akan membutuhkan kalsium dua kali lipat dari biasanya. Bila anda kekurangan kalsium maka sang bayi akan mengambil persediaan kalsium yang ada dalam tubuh anda, bila hal ini tidak ukhti perhatikan maka akan menyebabkan osteoroposis atau keropos tulang diusia muda, dan hal ini banyak diderita oleh para wanita yang pada waktu hamil mengabaikan konsumsi kalsium.

Sumber makanan yang kaya akan protein:

– keju, susu, yogurt, daging berwarna merah (yang tidak berlemak),dan ikan.

Sumber makanan yang kaya akan vitamin C:

-Cabai merah besar (paprika), strawbery dan jeruk. Sumber makanan ini akan membantu pertumbuhan plasenta dan mencegah terjadinya infeksi.

Serat dan karbohidrat:

– sayuran kaya akan serat, begitu pula biji-bijian selain kaya akan karbohidrat juga kaya akan serat seperti gandum, beras merah, kedelai, kacang merah, kacang panjang , lentil dan kacang polong. Makanan berserat ini akan mencegah munculnya sembelit (susah buang air besar) keluhan umum yang diderita wanita selama kehamilan.Karena itu untuk mencegah terjadinya sembelit banyaklah mengkonsumsi makanan berserat.

Vitamin A:

-sayuran berwarna hijau dan merah atau kuning seperti brokoli dan tomat atau paprika berwarna kuning. Makanan yang mengandung vitamin A ini insya Allah akan membantu perkembangan saraf pusat pada janin ukhti.

Asam folik

-terdapat pada brokoli dan bayam

Zat besi:

-terdapat pada ikan tuna dan bayam.