Para kalangan wanita banyak beranggapan bahwa tanda-tanda wanita hamil hanyalah saat datangnya haid yang terlambat, padahal ada beberapa ciri lain yang merupakan pertanda kehamilan, yakni mual, perubahan bentuk payudara, sering buar air kecil dan munculnya flek-flek atau bercak darah yang mirip darah haid.

Timbunya flek tersebut terjadi ketika menempelnya embrio di uterus atau dinding rahim yang menimbulkan perdarahan atau implantasi. Jumlah flek tersebut lebih sedikit dari darah haid.

Perdarahan yang menimbulkan flek tersebut biasanya terjadi di 8-10 hari setelah pembuahan, atau lebih awal beberapa hari dari siklus datangnya haid.

Keluarnya flek dan bercak darah biasanya diikuti dengan kram di perut. Kram yang dirasakan tersebut akan muncul reguler sampai dengan masa kehamilan trisemester kedua.

Sebagian besar wanita tidak bisa membedakan tanda kehamilan dengan adanya flek ini dengan haid. Karena itu setiap calon wanita harus mengetahui tanggal pertama haid setiap bulan untuk memastikan usia kehamilan.