Memberikan imunisasi kepada bayi yang baru lahir dan pada masa-masa awal pertumbuhannya sangat penting bagi pembentukan sistem kekebalan tubuhnya . Namun, seringkali orangtua merasa khawatir dengan efek yang timbul sesaat setelah imunisasi seperti demam, kulit memerah, atau rewel.

Menurut beberapa Pakar Kedokteran dan Satgas Imunisasi dari Ikatan Dokter Anak Indonesia, Dr. Soedjatmiko, SpA(K), Msi menyatakan, kondisi pascaimunisasi semacam itu normal dan tidak membahayakan kesehatan bayi. Efek yang dalam dunia medis disebut kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI) itu umumnya hanya berlangusng 1-3 hari.

“Kemerahan di sekitar bekas suntikan, sedikit bengkak, agak nyeri dan deman wajar dialami anak usai imunisasi. Sementara efek berat seperti syok dan kejang jarang terjadi. Jadi jangan buru-buru panik jika anak mengalami demam usai imunisasi,” kata Soedjatmiko saat ditemui dalam acara Journalist Class Pfizer, di Wisma GKBI, Sudirman, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Agar rasa panik bisa diredam dan mampu mengatasi efek dari imunisasi dan vaksin, berikut hal penting yang perlu ibu tahu seputar efek sesudah imuniasi.

Pasca Imunisasi BCG
Setelah mendapatkan imunisasi ini, 4-6 minggu biasanya akan timbul bisul kecil, pecah, dan bernanah. Ini normal sebagai reaksi tubuh. Bisa diatasi dengan kompres cairan antiseptik. Dan biasanya akan menjadi koreng 2-4 bulan. Namun, jika koreng membesar dan bengkak di kelenjar ketiak atau lipatan paha, segera kembali ke dokter.

Pasca Imunisasi DPT
Reaksi lokal di bekas suntikan biasanya menimbulkan rasa nyeri, merah dan bengkak 1-2 hari. Masalah ini bisa diatasi dengan kompres air hangat. Dan jangan khawatir jika timbul benjolan beberapa minggu.

Tak hanya menimbulkan reaksi lokal, setelah imunisasi DPT, biasanya bayi juga mengalami demam dan rewel sedikit. Cara menanggulanginya, berikan bayi pakaian tipis tanpa selimut, beri obat penurun panas atau penghilang rasa nyeri, banyak minum ASI atau air buah. Dalam kondisi ini, bayi diperbolehkan mandi.

Pasca Imunisasi Campak, MMR
Biasanya bayi akan diserang demam usai mendapatkan imunisasi ini. Kulit juga terlihat merah samar selama dua hari. Namun, untuk imunisasi atau vaksin MMR biasanya selama tiga minggu bayi akan mengalami bengkak kelenjar belakang telinga. Atasi dengan memberikan pakaian tipis tanpa selimut, beri obat penurun panas atau penghilang nyeri, banyak minum ASI atau air buah.