Apakah anda termasuk ibu yang menyukai tidur seranjang dengan bayi atau sebaliknya? sebagian ibu lebih memilih tidur beda ranjang, tapi tetap satu kamar. Artinya, bayi ditempatkan di boks berdekatan dengan ranjang ibu. Pilihan ini juga sarat manfaat, tidak ada sisi negatif, justru ada sedikit kelebihan tidur beda ranjang dengan bayi.

sukses-bekerja-setelah-cuti-melahirkan-580x400

Salah satu manffat tidur sekamar beda ranjang dengan bayi adalah menutup risiko bayi tertindih ibu atau anggota keluarga lain, meskipun ibu sebenarnya punya insting untuk tidak menindih bayi. Tidur beda ranjang juga tidak memerlukan ranjang berukuran besar, karena bayi dan ibu memiliki tempat tidur sendiri. Tidur sekamar beda ranjang juga masih memungkinkan ibu memberikan respons sesegera mungkin terhadap kebutuhan bayi. Meski pun respons itu tak secepat bila tidur seranjang dengan bayi.

Biar aman dan nyaman tidur satu kamar dengan bayi tapi beda ranjang, ikuti tips berikut ini:

1. Pilih boks atau tempat tidur yang aman. Tempat tidur atau boks sebaiknya memiliki ketinggian yang sama dengan ranjang orangtua, sehingga memungkinkan untuk disejajarkan atau dirapatkan. Dengan cara ini, ibu dapat lebih sigap merespons kebutuhan bayi.
2. Posisi boks atau tempat tidur bayi jangan diletakkan di ujung bagian kaki orangtua karena akan membuat bayi sulit terawasi.
3. Gunakan seprei yang tak mudah terlepas agar lebih aman.
4. Jangan letakkan boks di lokasi yang langsung terkena AC karena semburan anginnya akan membuat kedinginan. Hindari juga meletakkan boks di dekat jendela karena sinar matahari bisa langsung menerpanya. Kepanasan akan menganggu kenyamanan tidur bayi.
5. Beri jarak antara boks atau tempat tidur bayi dengan jendela agar tidak terlalu terkena angin.
6. Gunakan bedding pada boks bayi untuk pembatasnya agar bayi aman di dalam boks seandainya terjadi benturan.
7. Upayakan sering mengecek bantal atau guling, terutama jahitannya. Benang yang lepas biasanya cukup tajam untuk melukai bayi bila ia tidak sengaja memainkannya.
8. Angin-anginkan seprei dan sarung bantal terlebih dahulu sebelum dipasang. Bahan-bahan kimia dari detergen atau pengharum cucian bisa menghasilkan reaksi alergi bagi sebagian bayi yang memang memiliki kecenderungan ini.