Setelah melahirkan perut Anda tak langsung “kempes” ?

stretch-mark-creams

Selain ukuran perut yang masih tampak buncit, terkadang muncul garis kehitaman di perut (disebut linea nigra), dan gurat-gurat putih stretch marks. Anda yang melakukan persalinan lewat operasi caesar sudah jelas akan memiliki luka bekas sayatan yang sangat kentara.

Tubuh, terutama perut, memang memerlukan waktu untuk pulih seutuhnya dari kehamilan. Bayangkan perut Anda seperti balon yang perlahan-lahan membesar seiring dengan pertumbuhan bayi. Persalinan tidak serta merta memecahkan balon itu, namun hanya sedikit membuatnya bocor. Tapi jangan khawatir karena lama kelamaan perut akan kembali “kempes”.

Setelah bayi lahir, akan terjadi perubahan hormonal yang membuat rahim berkontraksi dan mengerut kembali seperti keadaan sebelum hamil. Tapi butuh waktu sekitar 6-8 minggu bagi rahim untuk kembali ke ukuran normal.

Seluruh sel-sel tubuh yang membengkak selama kehamilan juga akan mulai mengeluarkan cairan ekstra, yang akan dikeluarkan lewat tubuh melalui urin, keringat, atau cairan di vagina.

Kemudian kelebihan lemak yang muncul selama kehamilan mulai dibakar (terutama jika Anda menyusui dan berolahraga). Proses ini butuh waktu sekitar beberapa minggu untuk kelihatan hasilnya.

Bagaimana dengan stretch marks dan linea nigra? Nah, sayangnya agak sulit menghilangkan gangguan pada kulit ini. Tetapi setelah 12 bulan biasanya guratan putih atau hitam di perut mulai samar meski tidak sepenuhnya hilang.

Normal kembali

Mungkin Anda pernah menyaksikan para pesohor atau teman yang perutnya kembali rata dan kencang setelah melahirkan. Walau hal itu mungkin saja terjadi, tetapi sebagian besar wanita perlu waktu beberapa bulan untuk benar-benar mendapatkan perut sebelum hamil. Bahkan, ada juga yang sisa lemaknya tak bisa hilang sama sekali.

Kesabaran adalah kunci. Diperlukan waktu sekitar 9 bulan bagi perut untuk meregang sampai si bayi lahir, sehingga paling tidak diperlukan waktu yang kurang lebih sama untuk kembali rata.

Kecepatan dan derajat kesuksesan meratakan perut juga tergantung pada ukuran tubuh sebelum hamil, kenaikan berat badan selama hamil, seberapa aktif kita, dan faktor genetik.

Perempuan yang kenaikan berat badannya tidak lebih dari 13 kilogram dan aktif bergerak selama hamil, menyusui, dan baru memiliki satu anak, pada umumnya lebih cepat langsing kembali.

Jika Anda tidak menyusui, Anda wajib memberi perhatian pada seberapa banyak mengasup makanan.